Membuat Keputusan

May 22, 2011 § Leave a comment


Hari ini saya mengerti sesuatu.

Ketika membuat keputusan yang penting, jangan pernah menggantungkan keputusan tersebut pada orang lain. Dengan kata lain: jangan membuat keputusan penting dengan membuat orang lain sebagai faktor atau variabel dalam menentukan tujuan kita.

Bingung? Begini contohnya.

Misalnya, dalam memilih universitas atau tempat kerja, saya akan mengikuti dia kemanapun. “Dia” disini maksudnya, entah teman kita, pacar, orang yang kita taksir, saudara, dst. Ini tidak baik. Kita hidup bukan hanya untuk bergantung pada dia. Kita tidak tahu apa rencana dia sebenarnya. Kita tidak tahu, apakah nanti kita malah kecewa dengan keputusan untuk “ikut-ikut” tersebut. Entah kecewa karena ternyata dia meninggalkan dia kelak, atau kita yang terpaksa meninggalkan dia.

Jujur, saya sekarang sedang mengalami hal ini. Tetapi… lebih baik kita fokus lagi pada tema.

Ingat, kita punya tujuan masing-masing, rencana masing-masing. Orang lain tidak punya kuasa untuk mengendalikan apa yang kita inginkan, tentunya jika itu keinginan positif. Sekarang, berpikirlah lebih serius untuk mengambil sebuah keputusan. Pikirkan apa yang benar-benar kita inginkan dan apa yang benar-benar tidak kita inginkan. Bagi yang beragama Islam, shalat Istikharah adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan. Siapa tahu, Tuhan akan menunjukkan jalan yang terbaik bagi keputusan besar kita.

Diri kita sendiri punya hak untuk merasakan kebahagiaan, benar kan?

Oh ya, kita masih harus mendengar dan memikirkan saran orangtua juga. Tentu kita tetap memerlukan dukungan orangtua dalam segi material (biaya dll.) maupun non-material (doa, nasihat dll.), kan? Namun, bila saran orangtua tidak sesuai dengan apa yang kita tuju, bicarakanlah. Sampaikan juga “visi dan misi” mulia kita yang sebenarnya dalam cita-cita kita itu. Bagaimanapun, pada akhirnya diri kitalah yang harus memutuskan, bukan orangtua. Pasti orangtua akan mendukung keputusan kita dalam mencapai tujuan jika tujuan itu baik dan menyakinkan.

Hmm, mungkin saya memang terkesan egois… tapi saya memang egois jika menyangkut kelangsungan hidup saya di masa depan kelak! :D

Selamat membuat keputusan!

Palembang, sedang sedikit “menyesali” sebuah keputusan,
22 Mei 2011

About these ads

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Membuat Keputusan at Cosmic.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: